Kamis, 28 Juli 2011

~Hikmah dan Manfaat Ngeblog~







Sebagai blogger pemula, awalnya saya belum mengerti untuk memaknai serta menyikapi arti yang sesunguhnya dari kegiatan saling berbagi melalui sebuah blog. Sedikit demi sedikit berkecimpung di dunia blogging, Puji Tuhan makin banyak hal baru yang bisa saya dapatkan dan berusaha untuk mengambil hikmah serta manfaat dari ngeblog ini. Banyak hikmah yang bisa saya ambil dari ngeblog ini, baik hikmah yang tersirat maupun yang tersurat. Hikmah secara umum dari ngeblog ini bagi saya hanyalah dapat menuangkan ide yang ada dalam pikiran ke dalam sebuah tulisan, lebih mengerti tentang arti berbagi, memperbanyak teman, mendapat banyak informasi dan pengetahuan serta wawasan lainnya.


Dan bagi saya sebagai blogger pemula, banyak sekali manfaat dari ngeblog ini yang bisa diaplikasikan pada dunia nyata dan banyak pula kegiatan dunia nyata yang bisa diaplikasikan di dunia maya khususnya ngeblog. Relevansi antara keduanya sangatlah erat menurut pandanganku. Dan semuanya akan berjalan sesuai harapan bila ada niat, tekad, perjuangan dan pengorbanan sebagai modal berharga untuk merealisasikannya. Karena dengan semua itu, harapan untuk mengambil hikmah dan manfaat dari ngeblog bisa menjadi sebuah kenyataan.


Pada kesempatan ini saya ingin menuliskan sedikit pandangan saya yang tentunya sangat jauh bila dibandingkan dengan para blogger senior lainnya. Saya harus banyak belajar dari mereka yang telah lama dan lebih dulu berkecimpung dalam dunia blogging. Ulasan di bawah ini hanyalah gambaran singkat tentang hikmah ngeblog, relevansi dan aplikasi pada dunia nyata. Dan semuanya hanyalah berdasarkan pada keterbatasan pemikiran saya.


Ngeblog Sebagai Media Berbagi Antar Sesama


Kata berbagi merupakan sebuah kata yang sering terdengar dan terucap di kalangan para blogger serta dalam dunia blogging. Berbagi dalam dunia blogging adalah saling mengisi, saling memberikan informasi, saling mengingatkan dan saling memotivasi. Itulah idealnya sebuah misi yang harus diemban dari ngeblog. Namun pada kenyataannya, semua misi ini tidaklah sesuai harapan yang kita inginkan, masih banyak yang perlu dibenahi guna merealisasikan misi ini. Dan tentunya Anda akan lebih bisa memberikan pandangannya sendiri terhadap dunia blogging saat ini.


1. Ngeblog Menumbuhkan Sikap Saling Mengisi.


Apa yang kita harapkan dan impikan dari kegiatan ngeblog sesungguhnya sangatlah baik. Kita berharap sesama blogger maupun masyarkat lainnya yang membaca sebuah tulisan pada sebuah blog, ada interaksi berkesinambungan yang memberi arti dan masukan berharga. Secara sederhana, pengertian mengisi disini adalah manakala seorang blogger menuliskan sebuah tulisannya dan pembaca menemui ada sesuatu yang bernilai namun penulis melewatkannya, alangkah baiknya pembaca memberikan masukannya untuk menambah dan membuat tulisan itu semakin bernilai dan berkualitas. Salah satunya melalui komentarnya yang sifatnya membangun, memperbaiki dan melengkapi.


Dalam pengertian lain, saling mengisi bisa juga berarti bagi mereka-mereka yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan khusus, serta ide-ide cemerlangnya untuk bisa memberikan dan berbagi dengan masyarakat yang belum mengetahui akan sesuatu hal. Sehingga individu maupun masyarakat lainnya yang belum memiliki banyak wawasan, diharapkan menjadi manusia-manusia cerdas dan mandiri dengan ilmu dan wawasan yang mereka miliki.


Sebagai relevansi dan aplikasinya pada dunia nyata, bahwa hal yang sangat baik bila kita dapat saling mengisi dengan orang lain. Semua ini tentunya akan menjadi cerminan bahwa ada rasa kepedulian kita dengan sesama. Mengisi disini tentunya dalam hal kebaikan dan tidak dalam hal keburukan. Memberikan pencerahan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan bimbingan serta memberikan solusi bagi mereka yang sedang ada dalam kesulitan. Betapa beruntungnya bila diri kita dapat mengisi kekosongan hati serta menenangkan kegundahan yang orang lain rasakan.


2. Ngeblog Menumbuhkan Sikap Saling Memberikan Informasi


Menurut hemat saya, berdasarkan keumuman fungsi Internet sebagai media informasi dan komunikasi, maka blog pun bisa menjadi bagian penting sebagai media tersebut. Selain situs-situs berita yang sudah popular di masyarakat Indonesia seperti misalnya detik.com serta situs-situs berita lainnya, informasi sederhana maupun informasi penting lainnya bisa kita temukan pada beberapa blog yang memang berkecimpung dalam hal pemberitaan serta informasi umum. Banyak sekali media informasi yang telah berkembang pesat meskipun hanya menggunakan media blog. Untuk merealisasikan blog sebagai media berbagi untuk saling memberikan informasi, maka idealnya adalah setiap ada informasi penting dapat kita jumpai juga pada sebuah blog. Dan menurut saya begitulah kondisi yang sudah nampak dan terjadi saat ini. Cukup banyak informasi penting yang bisa kita dapatkan dari berbagai blog yang ada di Internet.


Sebagai bentuk sederhana dari relevansi dan aplikasi ngeblog dengan dunia nyata, maka sangat diharapkan baik itu individu, golongan, masyarakat termasuk Pemerintah untuk seyogyanya terus memberikan informasi penting kepada individu dan masyarakat lainnya. Sedikit saja informasi yang disebarkan, maka akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat umum. Dan tentu saja informasi itu haruslah dalam hal kebaikan, akurat dan sesuai fakta, bukan informasi yang mengarah pada provokasi dan perpecahan.


Jika kita memiliki informasi penting, maka hendaknya kita berusaha menginformasikannya kepada orang lain. Karena belum tentu mereka mengetahui apa yang kita ketahui, begitu juga sebaliknya. Informasi penting maupun tidak penting memang semuanya tergantung pada bagaimana mereka menyikapi informasi tersebut. Dan kita melakukan semuanya hanya semata-mata untuk kebaikan bersama. Jangan sampai informasi dan provokasi tercampur sehingga akan merugikan masyarakat luas serta menimbulkan kekecauan.


3. Ngeblog Menumbuhkan Sikap Saling Mengingatkan


Alangkah bijaknya bila dengan ngeblog dapat terwujud sikap saling mengingatkan diantara kita. Sikap saling mengingatkan sangatlah penting dibudayakan dalam dunia blogging. Saling mengingatkan dan mengajak pada kebaikan serta saling mengingatkan dalam hal menjauhi keburukan yang menyebabkan pada kerusakan mental dan perilaku. Pemilihan tema sangat perlu untuk diperhatikan, penyajian yang berisi nasihat dan pencerahan harus menjadi pokok utama bila ingin tulisan kita dikategorikan pada tulisan yang memberi arti mengingatkan. Banyak topik yang bisa kita ambil dalam rangka saling mengingatkan ini. Selain mengajak pada kebaikan dan menjauhi setiap keburukan, bisa juga menyajikan topik untuk saling mengingatkan dari berbagai kelalaian, kelengahan, juga ketidakwaspadaan.


Perwujudan lain dari sikap saling mengingatkan dalam ngeblog, salah satunya bisa menggunakan kolom komentar sebagai sarana untuk berinteraksi antara penulis dan pembaca. Bila ada tulisan yang sekiranya menyimpang dari norma dan etika, maka sebaiknya pembaca dapat mengingatkan penulis, misalnya dengan memberitahukan bahwa ada beberapa kata maupun kalimat yang kurang bahkan tidak sesuai dengan norma dan etika yang berlaku di masyarakat terlebih dengan norma agama. Bila materi yang disampaikan sudah menjurus pada kerusakan umat, maka sebisa mungkin kita memberikan masukan dan mengingatkannya, namun tentu saja dengan cara yang bijak serta etika yang tetap dijaga. Bukan dengan cemoohan bahkan cacian apabila kita menemukan tulisan yang kurang berkualitas, karena dengan cemoohan dan cacian bisa membuat hilangnya motivasi kepada para blogger khususnya bagi blogger pemula.


Dengan memberikan masukan yang sifatnya mengingatkan dan kritik yang membangun, diharapkan para blogger dapat memperbaiki kekurangannya dengan menulis sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat. Peran blogger senior dalam memberikan pengalaman, pelajaran serta masukan sangat penting bagi para blogger pemula . Dan ini menjadi bagian dari ngeblog sebagai media berbagi dengan sesama. Suatu tulisan yang berkualitas dan memberikan banyak manfaat bagi sesama, akan menjadi terbiasa dilakukan para blogger pemula dengan adanya bimbingan dari para blogger senior. Semoga para blogger pemula seperti saya, banyak mengambil pelajaran berharga dari para bloger senior.


Untuk menyikapi ngeblog yang dapat menumbuhkan sikap saling mengingatkan ini, maka dapat kita aplikasikan dengan dunia yang sebenarnya. Sangatlah penting menumbuhkan sikap saling mengingatkan baik itu di tingkat keluarga, saudara, sahabat maupun masyarakat di sekitarnya. Sebagai gambaran saja dan mungkin ini sifatnya relatif, jika dalam kehidupan sehari-hari kita terbiasa dengan sikap ini yaitu saling mengingatkan antar sesama, tidak tertutup kemungkinan di dunia blogging juga akan bersikap demikian, dan begitu juga sebaliknya.


Sikap saling mengingatkan ini, menjadi pedoman berharga untuk kita. Walaupun dunia blogging adalah sebuah dunia maya, tapi kebaikan untuk saling mengingatkan, sesungguhnya tidaklah mengenal dunia maya ataupun nyata. Karena sikap ini adalah sebuah kepribadian, maka tentunya diharapkan dapat diterapkan dalam situasi dan kondisi apapun.


4. Ngeblog Menumbuhkan Sikap Saling Memotivasi


Suatu keadaan yang sangat diharapkan dalam dunia blogging, adalah sikap untuk saling memotivasi diantara para blogger dan pembaca lainnya. Blogger pemula sangat memerlukan motivasi berharga dari para seniornya. Banyak yang berhenti dari dunia blogging ini dengan alasan kurangnya motivasi untuk menulis juga kurangnya motivasi untuk mengambil hikmah dan manfaat dari ngeblog. Sedikit demi sedikit, banyak blogger yang meninggalkan blognya begitu saja. Dan saya sendiri terkadang menemukan blog yang sama sekali tidak ada aktivitas di dalamnya. Mungkin inilah salah satu bukti dan jejak-jejak bloger yang kurang termotivasi untuk mengurus serta menghidupkan blognya.


Sebagai blogger pemula, saya sendiri merasakan bagaimana senang dan semangatnya bila ada komentar yang sifatnya memotivasi, entah dengan beberapa kata terlebih dengan kalimat motivasinya. Tapi yang lebih penting adalah motivasi yang lahir secara alami dari diri kita sendiri. Mengapa? Karena hal ini akan menjadi dorongan kuat untuk menulis serta menuangkan berbagai ide, pemikiran, pandangan serta informasi berharga lainnya, meskipun kurangnya pembaca yang memotivasi bahkan sama sekali tidak ada motivasi dari pihak mana pun.


Dalam dunia internet, memang banyak sekali blog yang tujuannya memotivasi diri baik itu motivasi untuk ngeblog maupun motivasi untuk kehidupan kita sehari-hari di lingkungan. Nasehat, inspirasi, motivasi dan metode pengembangan diri sangat mudah kita jumpai dalam Internet. Namun lagi-lagi semangat untuk mengambil hikmah dari semuanya kadang masih tidak kita perhatikan bahkan kita abaikan.


Menyinggung masalah motivasi di dunia para blogger, maka tentunya ilmu pengetahuan, wawasan serta keahlian dan keterampilan yang kita miliki akan lebih bernilai lagi bila kita dapat merealisasikanya di kehidupan nyata. Memotivasi orang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang membutuhkannya. Betapa banyak orang-orang yang telah kehilangan motivasi hidupnya. Mereka menyerah dan tak berdaya menghadapi kesulitan dan kesusahan yang menimpa diri dan keluarganya.


Sumbangan para motivator senior sangat berharga bagi kita semua. Sedikit saja motivasi yang mereka berikan, maka hal itu bisa menjadi penerang dalam kegelisahan hidup. Kegiatan pencerahan dan motivasi sekarang ini banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Kita bisa melihat begitu banyak seminar, pelatihan dan kegiatan dalam bentuk lainnya yang mengambil tema motivasi hidup dan pengembangan diri. Sebagai blogger, tentunya sangat beruntung bila dapat mengaplikasikan apa yang mereka ketahui dan miliki, untuk berbagi dengan orang lain dalam bentuk sikap saling memotivasi dan memberikan pencerahan kepada sesama. Ketika kita bisa melakukannya dengan ngeblog, mengapa kita tidak bisa merealisasikannya dalam kehidupan nyata? Tentunya diri kita sendirilah yang bisa menjawabnya.


Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi diri saya sendiri, umumnya bagi pembaca lainnya yang merasa tulisan ini ada manfaatnya. Sesungguhnya segala sesuatu itu adalah pelajaran dan kita bisa mengambil hikmah dari apapun yang terjadi serta menimpa diri dan kehidupan kita.


Sukses selalu buat sahabatku semuanya MIK'ers & ADMIN MIK Facebook!  http://www.facebook.com/home.php?sk=group_152992381409379&ap=1  Dan tetaplah semangat untuk menjadikan sesuatu lebih bernilai dan bermakna! Bila orang lain mampu, mengapa kita tidak mengusahakannya untuk menjadi bisa seperti mereka?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar