Kamis, 03 November 2011

MELAYANI ITU INDAH




Setiap hari Kamis adalah momen istimewa kepada kami, para pastor dan frater kapusin di Guam. Ini adalah hari persaudaraan. Di upayakan pada hari spesial ini tidak ada pelayanan tetapi difokuskan kesatuan hati dan sharing pengalaman di "markas" rohani kami, Biara Santo Fidelis. Ada cerita dan sharing pengalaman. Ada senda gurau dan ejekan. Semua berbaur dalam suka cita. Benar ...indahnya hidup sebagai saudara. Tua dan muda frater dan pastor satu dalam rasa, satu dalam cita dan satu dalam panggilan. Semua tidak terkecuali berupaya memberi diri apa adanya biarpun berbeda umur, cita rasa, bangsa semua berbaur dengan sapaan khas dan akrab kami, "SAUDARA"

Sebagai orang Indonesia yang terkenal "banyak omong" (Benarkah? saya tidak tahu), Saya mencoba juga nimbrung dalam kisah kasih hidup persaudaraan dengan semua teman. Walaupun banyak omong, ha ha ha, tetapi kadang-kadang ada juga isinya. Lebih baik banyak banyak omong ada isinya kadang-kadang, dari pada banyak omong tetapi omong kosong, atau diam seribu bahasa dan sulit dimengerti atau dipahami. Memang sulit menghadapi orang yang super pendiam, apakah ia mengerti, apakah ia sedang lapar, atau benci (benar-benar cinta), atau ngantuk, pokoknya pelik dehc...... sulit ku termangu.

Di samping partisipasiku makan, minum, berbagi cerita ada hal yang luhur. Saya selalu memberi diri untuk mencuci alat-alat makan. Pikirku uda makan dan minum banyak,,,, gratis pula, masa cuci piring aja ogah,,,, Terutama rumah sendiri tentu cuci piring sendiri dong. Tambah lagi aku salah satu satu pastor termuda, maka tugas cuci piring manjadi "hak" ku ha ha ha, Bukan kewajiban Toh? ,,,, tidak,,,, saya lebih suka mengatakan "hakku" untuk mencuci piring. Dan Lucunya, karyawan kami, hanya satu orang, yang sudah sangat capek memasak untuk 30 orang, mencari kesempatan. Ketika ia tahu, saya sedang mencuci piring, Ia angkati semua piring, cangkir, sendok dari meja makan. Pikirnya,,, mumpung "TKI eh tenaga sukaralewan dari Indonesia ini mumpung baik. Licik benar bukan???

Di sela-sela saya asyik mencuci pring, seorang calon Novis, bertanya, "Pastor apakah dalam konstitusi kapusin digariskan dengan jelas tentang mencuci piring?? Sejenak saya merenungkan pertanyaan nya itu. Kemudian saya jawab, " Di dalam konstitusi kapusin tidak dicantumkan tentang mencuci piring tetapi tentang melayani jelas ada. Ia pun cepat insyaf dari jawaban saya.

Melayani adalah kata indah yang kita dengar dari Sang Guru Sejati kita, Yesus Kristus. "AKU DATANG BUKAN UNTUK DILAYANI TETAPI UNTUK MELAYANI. Misi pewartaaan Yesus sarat dengan aksi melayani ini; mengampuni, mengasihi, menyembuhkan, mengajar, dan mengunjungi. Maka hatinya yang Maha Kudus juga disebut hati yang melayani dan menampung semua keluh kesah umat kristen. Kalau mengamati gambar atau patung Hati Kudus, kita melihat tanganNya terbuka menyambut kita dengan segala keluh kesah kita. HatiNya menjadi tempat naungan bagi mereka yang sedih, menangis, putus asa, banyak masalah dan penuh nista dosa. Bilur-bilurNya memurnikan dosa kita dan kekudusannya menguatkan hidup kita. Hati yang Kudus itu senantiasa siap melayani kita. Selamat merayakan Hati Yesus Yang Maha Kudus Besok (Jumat Pertama).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar